Jumat, 05 September 2008

Pengembangan Program Sister School SMK

KEWAJIBAN DAN HAK ANGGOTA ”SISTER SCHOOL”

A. KEWAJIBAN DAN HAK SMK ”PEMBINA”

1. Kewajiban SMK ”Pembina”

Kewajiban SMK ”Pembina” adalah:
a. Membantu dan atau menfasilitasi SMK “Mitra” dalam upaya meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan.
b. Membantu dan menfasilitasi SMK “Mitra” dalam upaya meningkatkan mutu profesionalime guru.
c. Memberi kesempatan kepada peserta didik SMK “Mitra” untuk turut serta memanfaatkan fasilitas pendidikan yang ada di SMK ”Pembina”.
d. Turut serta mempromosikan SMK “Mitra”, dan bila mungkin turut pula melakukan pendaftaran atau penyaluran calon peserta didik dalam kegiatan Penerimaan Peserta didik Baru (PSB).
e. Berkewajiban mentaati perjanjiaan dan segala tata tertib yang berlaku dalam kegiatan pembinaan dan kemitraan dalam program ”Sister School”.
f. Memberikan izin kepada SMK “Mitra” untuk mencantumkan nama SMK ”Pembina” pada brosur atau papan nama sekolah “Mitra” sebagai anggota ”Sister School”.

2. Hak SMK ”Pembina”

Hak SMK ”Pembina” dalam kelompok ”Sister School” adalah:
a. SMK ”Pembina” berhak memberikan sanksi kepada peserta didik SMK “Mitra” yang melakukan pelanggaran tata tertib saat mengikuti kegiatan pendidikan di SMK ”Pembina”.
b. SMK ”Pembina” berhak menerima biaya subsidi penyelenggaraan kegiatan pembinaan atau pelatihan dari Pemerintah atau SMK “Mitra” atau dari pihak lain.
c. SMK ”Pembina” berhak meminta dan menerima ganti rugi atas kerusakan dan atau kehilangan akibat penggunaan fasilitas oleh peserta didik dari SMK “Mitra” yang bersangkutan.



B. KEWAJIBAN DAN HAK SMK “MITRA”

1. Kewajiban SMK “Mitra”

Kewajiban SMK “Mitra” adalah sebagai berikut:
a. SMK “Mitra” berkewajiban menjaga nama baik SMK ”Pembina” dan SMK “Mitra” dalam kelompoknya.
b. SMK “Mitra” berkewajiban turut serta menjaga dan merawat fasilitas pada SMK ”Pembina” yang dipakai belajar oleh peserta didiknya.
c. SMK “Mitra” berkewajiban mengganti peralatan pada SMK ”Pembina” yang rusak atau hilang akibat dipakai oleh peserta didiknya.
d. SMK “Mitra” berkewajiban mentaati perjanjian dan segala tata tertib yang berlaku dalam kegiatan pembinaan dan kemitraan dalam program ”Sister School”.

2. Hak SMK ”Mitra”

Hak dari SMK ”Mitra” adalah sebagai berikut:
a. SMK “Mitra” berhak menerima layanan pembinaan dan kemitraan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
b. SMK “Mitra” berhak turut menggunakan fasilitas pendidikan pada SMK ”Pembina” dalam rangka peningkatan kompetensi peserta didik.
c. SMK “Mitra” berhak mencantumkan nama SMK ”Pembina”nya pada identitas sekolahnya.

Tidak ada komentar: